smart financial club

Thursday, August 31, 2006

Pilihan Rencana Hidup

ini sebuah cerita :Ada 2 orang dari kampus yang sama, taruhlahnamanya si A dan si B, si A adalah Mahasiswayang berencana ketika lulus ingin menjadi seorangprofesional, sedangkan si B adalah siswa yangprestasinya biasa-biasa saja dan sudah memulaibisnis jaringan ketika di sekolah.Bagaimana kehidupan si A :Si A menjadi orang yang paling pintar di kampusdengan nilai yang bagus bahkan selalu menjadijuara umum, dari segi keuangan termasuk biasa-biasa saja, si A bercita-cita ingin menjadiprofesional. si A setelah lulus, melamar pekerjaandari satu perusahaan ke perusahaan yang lain,sampai suatu saat si A dipanggil dalam sebuahwawancara. si A datang pada jam yang tepat danmenunggu, kebetulan banyak sekali yang hadir,padahal di cari 10 orang saja dari lowongan yangada. Tibalah saatnya si A memdapatkan panggilanuntuk wawancara, seperti ini dialog singkatnya :pewawancara : Anda mau di gaji berapa ?si A ; (si A berfikir :"aku adalah orang terpintar disekolahku dan nilaiku bagus, kenapa tidak akuminta 10 juta saja ya) dengan mantap si Amengatakan : 10 Juta , pakpewawancara : hemm, bagaimana kalo andabekerja disini saya kasih fasilitas mobil mewah,rumah dan berbagai fasilitas.si A : Ah...yang benar pak, bapak mengada-ada.Pewawancara : bukannya anda sendiri yangmengada-ada, saya saja disini sudah 5 tahun , gajisaya tidak sampai segitu.......Si A pulang tanpa mendapatkan apa yangdiinginkannya, Bekerja dan mendapatkanUANG,.....menjadi profesional.Bagaimana kehidupan si Bsi B walaupun biasa-biasa saja dari segi nilai dikampus, si B mengenal dan masuk bisnis jaringandari semester 1 dari seorang temannya, tanpameninggalkan kuliahnya, si B mulai melatihmentalnya, melatih kepribadiannya, membacabuku-buku sukses. Presentasi dan presentasi ,penolakan demi penolakan di terimanya, bahkanorang menganggap dia gila. ketika lulus sebagianorang berpikir "saya mau kerja dimana ya?",sedangkan si B sudah membangun bisnisnya danketika lulus dia mendapatkan reward internasional.so, pikirkan dehhh......

lanjutan Pilihan rencana hidup
nahh inilah lanjutan yang keduaBagaimana cerita si A dan si B dalam menjalanikehidupannya.....Si ASi A akhirnya diterima sebagai karyawan di sebuahperusahaan dengan income perbulan 2 juta,beberapa bulan kemudian si A melangsungkanpernikahan dengan orang solo, nah pernikahanberjalan sederhana. singkat cerita si A memiliki 3orang anak yang semakin hari semakin dewasa,kebutuhan anaknya semakin meningkat mulai daripendidikan, kebutuhan pokok, kalo di hitungmemang 2 juta tidak mencukupi kebutuhannya,terkadang kehidupannya gali lubang tutup lubang,but life must be go on, Hidup harus terusberlangsung, moto si A hidup seperti air yangmengalir saja.Bagaimana dengan si B,Si BSetelah lulus dan mendapatkan rewardinternasional setahun kemudian kehidupan si Bberubah dari segi finansial dan waktu lebih luang,bukan berarti dia tidak bekerja, dia saat ini masihbekerja, ya....bekerja si B berbeda dengan oranglain, si B bekerja jika ia mau dan tidak ada yangmenyuruhnya dan tidak ada yang mensettingkehidupannya kecuali dirinya sendiri, di kalasemua orang bekerja si B masih menikmati tehhangat sambil membaca beberapa buku motivasidunia. Singkat cerita si B sudah menikah denganorang jawa dan memiliki anak, si B seringmengantarkan anaknya ke sekolah dan kadangsering di tanya sama orang tua murid "apa tidakbekerja?" jawab si B ; saya saat ini sedangbekerja, bekerja yang saya inginkan.Memang saat ini si B sudah menghasilkan uangwalaupun terlihat si B tidak bekerja, Hasil kerjakeras ketika jadi mahasiswa membuktikan "sekalibernafas" dia sudah menghasilkan uang. Memanguang bukan segala-galanya bagi si B, terkadangsegala-galanya membutuhkan uang, mau naik hajibutuh uang untuk membayar segala sesuatunya,kita memang tidak menafikkan magnet satu iniyang bernama uang, si B memiliki komitmenbahwa uang adalah alat, dan gunakan alat itusebijak mungkin dan jangan taruh uang itu di hatimelainkan taruhlah di Tangan. Kapanpun andagunakan alat itu maka bisa menjadi kebaikan ,tinggal siapa yang menggunakannya ?Nah ....apakah anda berkeinginan seperti A atau seperti si B ?
Dalam kehidupan banyak orang yang memilih untuk sukses, tetapi dalam perjalanannya banyak juga yang gagal dalam membuat rencana dan menjalankan kehidupannya. Profil A dan profil B banyak di tengah-tengah kita, sebenarnya apa yang membeda mereka berbeda ? yang membedakan adalah impian, kendaraan yang tepat menuju sukses dan sikap mau belajar secara terus menerus.
Ya, andalah yang menentukan masa depan anda.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home